Jumat, 27 Juli 2018

AKIBAT SI KRIBO

Apa yang terlontar dipikiranmu ketika mendengar kata "menabung". Kalau aku sih untuk masa depan. Kenapa ? karena dengan kita menabung tentunya akan dipergunakan untuk masa yang akan datang. Jaman sekarang pasti diantara kalian sedikit susah untuk menabung apalagi buat yang sudah bekerja. Mungkin ada yang karena gajinya pas-pasan, ada juga yang berpendapat karena kebutuhan semakin banyak dan lain sebagainya. Sebenarnya mau gaji sedikit atau banyak semua bergantung pada diri sendiri, bagaimana mengkontrol pengeluaran dengan sebaik mungkin. Dulu jaman aku masih suka dikasih uang sama orang tua, susah banget buat menabung. Maunya uang dipakai untuk have fun semata. Tapi ketika aku mulai merasakan susahnya mencari uang sendiri, yap sedikit bisa terkontrol masalah pengeluaran. Apalagi ketika aku belajar dari salah seorang teman aku.

Sedikit sharring nih ke kalian, aku punya teman laki-laki sebut saja namanya si kribo, dia ini bisa dibilang teman nongkrong aku jaman kuliah dulu. Aku salut sama perjuangan dia sebagai anak laki-laki paling bontot tapi memiliki pemikiran yang menurut aku dewasa. Jadi dia itu bisa dikatakan bukan lahir dari keluarga konglomerat yang segala sesuatunya serba ada. Awalnya memang ibu dan ayahnya mampu membiayai segala kebutuhan keluarga termasuk membiayai kuliahnya. Tetapi kini kedua orang tuanya sudah tidak bisa mencari nafkah untuk keluarga dikarenakan sakit. Si ibu mulai menderita diabetes sampai penyakitnya tersebut membuat beliau susah untuk berjalan, sedangkan si bapak menderita penyakit stroke. Teman aku ini anak paling bontot dari 3 bersaudara, kedua kakaknya sudah berkeluarga. Kini hanya dia seorang yang tinggal bersama kedua orang tuanya, merawat dan menjaga kedua orang tuanya. Dikarenakan saat itu posisi teman aku ini masih sama-sama kuliah seperti aku, terkadang kedua kakaknya pun pulang ke rumah untuk membantu merawat dan menjaga orang tuanya.

Ketika aku dan beberapa teman aku sedang nongkrong di salah satu warung dekat kampus termasuk dengan si kribo, ketika itu pula rupanya ia sedang berada di posisi bingung dan tidak tau harus bekerja, mencari uang dimana untuk biaya kuliah. Alhasil dulu setelah pulang kuliah teman aku ini bekerja menjadi ojek. Dengan motor bebeknya yang jaman kuno dia tidak kenal malu dan tidak kenal lelah mencari penghasilan. Sampai akhirnya dia mendapat pekerjaan untuk menjaga warnet. Disitu aku merasa terenyuh ketika mendengar dan mengetahui perjuangannya. Dan yang paling bikin aku terharu, hasil dari kerjanya di warnet dia pakai untuk biaya pengobatan orang tuanya dan sebagian dia tabung untuk biaya kuliah. Sampai akhirnya kita lulus kuliah dan temanku ini bekerja di salah satu perusahaan swasta di Surabaya. Istimewanya lagi dia berhasil mengumpulkan uang dari hasil gajinya sekarang untuk membeli motor baru yang bisa dibilang lebih modern dari sebelumnya. OMG !! Aku disitu benar-benar salut dan buat aku pribadi itu sebagai pembelajaran yang mungkin harus aku ikuti. 

Jujur saja mengetahui perjalanan hidup dia seperti itu, aku sedikit malu. Kenapa ? karena aku yang saat itu mungkin masih bisa diberikan uang oleh orang tua aku untuk sekedar jajan, yang ada malah aku gunakan untuk shopping dan hang out dengan teman-temanku. Aku sampai berfikir kenapa aku malah bisa boros dan kenapa saat itu aku tidak bisa seperti dia. Dari situ aku mulai menata pengeluaranku, sampai akhirnya aku bisa mencari penghasilan sendiri dan uang yang aku hasilkan tersebut aku sendirikan mana yang untuk aku tabung dan mana yang untuk keperluan pribadi aku. Alhasil uang yang pernah aku kumpulkan mulai dari 1000, 2000, 5000 bahkan 100.000 bisa aku wujudkan untuk keinginan aku membuka butik. Bersyukur dan bahagia banget aku 👼

Memang ya istilah bergaul itu jangan pernah memandang derajat atau latar belakang seseorang benar adanya. Karena tidak semua orang yang tidak mampu itu tidak baik atau tidak pintar, justru kebanyakan orang yang seperti itu yang jauh lebih sukses hidupnya dibanding kita dan orang seperti merekalah yang justru bisa menginspirasi untuk kita kedepannya. Ini sih menurut aku, entah bagaimana menurut kalian. hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar